Minggu, 17 Februari 2013

Karakteristik Utama dari UMKM di Negara Sedang Berkembang

No
Aspek
Usaha Mikro
Usaha Kecil
Usaha Menengah
1
Formalitas
Beroperasi di sektor informal; usaha tidak terdaftar; tidak/jarang bayar pajak
Beberapa beroperasi di sektor fomal; beberapa tidak terdaftar; sedikit yang bayar pajak
Semua di sektor formal; terdaftar dan bayar pajak
2
Organisasi & Manajemen
Dijalankan oleh pemilik; tidak menerapkan pembagian tenaga kerja internal (ILD), manajemen & struktur organisasi formal (MOF), sistem pembukuan formal (ACS)
Dijalankan oleh pemilik; tidak ada ILD, MOF, ACS
Banyak yang mempekerjakan manajer profesional dan menerapkan ILD, MOF, ACS
3
Sifat dari kesempatan kerja
Kebanyakan menggunakan anggota-anggota keluarga tidak dibayar
Beberapa menggunakan tenaga kerja (TK) yang digaji
-semua memakai TK gaji
-semua memiliki sistem perekrutan formal
4
Pola/sifat dari proses produksi
Derajat mekanisasi sangat rendah/umumnya manual; tingkat teknologi sangat rendah
Beberapa memakai mesin-mesin baru
Banyak yang punya derajat makanisasi yang tinggi/akses terhadap teknologi tinggi
5
Orientasi pasar
Umumnya menjual ke pasar lokal untuk kelompok berpendapatan rendah
Banyak yang menjual ke pasar domestik dan ekspor, dan melayani kelas menegah ke atas
Semua menjual ke pasar domestik dan banyak yang ekspor, dan melayani kelas menengah ke atas
6
Profil ekonomi & sosial dari pemilik usaha
Pendidikan rendah & dari rumah tangga (RT) miskin; motivasi utama; survival
Banyak berpendidikan baik & dari RT nonmiskin; banyak yang bermotivasi bisnis/ mencari profit
Sebagian besar berpendidikan baik dan dari RT makmur; motivasi utama; profit
7
Sumber-sumber dari bahan baku dan modal
Kebanyakan pakai bahan baku lokal dan uang sendiri
Beberapa memakai bahan baku impor dan punya akses ke kredit formal
Banyak yang memakai bahan baku impor dan punya akses ke kredit formal
8
Hubungan-hubungan eksternal
Kebanyakan tidak punya akses ke program-program pemerintah dan tidak punya hubungan-hubungan bisnis dengan UB
Banyak yang punya akses ke program-program pemerintah dan punya hubungan-hubungan bisnis dengan usaha besar  (termasuk PMA)
Sebagian besar punya akses ke program-program pemerintah dan banyak yang punya hubungan-hubungan bisnis dengan usaha besar (termasuk PMA)

sumber :
Tambunan Tulus T.H. 2009. UMKM DI INDONESIA. Cetakan Pertama. Ghalia Indonesia. Bogor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar