No
|
Aspek
|
Usaha Mikro
|
Usaha Kecil
|
Usaha Menengah
|
1
|
Formalitas
|
Beroperasi di sektor informal; usaha tidak terdaftar; tidak/jarang bayar
pajak
|
Beberapa beroperasi di sektor fomal; beberapa tidak terdaftar; sedikit
yang bayar pajak
|
Semua di sektor formal; terdaftar dan bayar pajak
|
2
|
Organisasi & Manajemen
|
Dijalankan oleh pemilik; tidak menerapkan pembagian tenaga kerja internal
(ILD), manajemen & struktur organisasi formal (MOF), sistem pembukuan
formal (ACS)
|
Dijalankan oleh pemilik; tidak ada ILD, MOF, ACS
|
Banyak yang mempekerjakan manajer profesional dan menerapkan ILD, MOF,
ACS
|
3
|
Sifat dari kesempatan kerja
|
Kebanyakan menggunakan anggota-anggota keluarga tidak dibayar
|
Beberapa menggunakan tenaga kerja (TK) yang digaji
|
-semua memakai TK gaji
-semua memiliki sistem perekrutan formal
|
4
|
Pola/sifat dari proses produksi
|
Derajat mekanisasi sangat rendah/umumnya manual; tingkat teknologi sangat
rendah
|
Beberapa memakai mesin-mesin baru
|
Banyak yang punya derajat makanisasi yang tinggi/akses terhadap teknologi
tinggi
|
5
|
Orientasi pasar
|
Umumnya menjual ke pasar lokal untuk kelompok berpendapatan rendah
|
Banyak yang menjual ke pasar domestik dan ekspor, dan melayani kelas
menegah ke atas
|
Semua menjual ke pasar domestik dan banyak yang ekspor, dan melayani
kelas menengah ke atas
|
6
|
Profil ekonomi & sosial dari pemilik usaha
|
Pendidikan rendah & dari rumah tangga (RT) miskin; motivasi utama; survival
|
Banyak berpendidikan baik & dari RT nonmiskin; banyak yang
bermotivasi bisnis/ mencari profit
|
Sebagian besar berpendidikan baik dan dari RT makmur; motivasi utama;
profit
|
7
|
Sumber-sumber dari bahan baku dan modal
|
Kebanyakan pakai bahan baku lokal dan uang sendiri
|
Beberapa memakai bahan baku impor dan punya akses ke kredit formal
|
Banyak yang memakai bahan baku impor dan punya akses ke kredit formal
|
8
|
Hubungan-hubungan eksternal
|
Kebanyakan tidak punya akses ke program-program pemerintah dan tidak
punya hubungan-hubungan bisnis dengan UB
|
Banyak yang punya akses ke program-program pemerintah dan punya
hubungan-hubungan bisnis dengan usaha besar (termasuk PMA)
|
Sebagian besar punya akses ke program-program pemerintah dan banyak yang
punya hubungan-hubungan bisnis dengan usaha besar (termasuk PMA)
|
sumber :
Tambunan Tulus T.H. 2009. UMKM DI INDONESIA. Cetakan Pertama. Ghalia Indonesia. Bogor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar